Selasa, 16 Desember 2014

SONGSONG 2015 DENGAN SEMANGAT MENINGKATKAN KUALITAS DIRI

Semarang, medio desember 2014
“Barangsiapa yang harinya sekarang lebih baik daripada kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung. Barangsiapa yang harinya sama dengan kemarin maka dia adalah orang yang merugi. Barangsiapa yang harinya sekarang lebih jelek daripada harinya kemarin maka dia terlaknat.”  Kalimat itulah yang sering kita dengar dari para penceramah terlepas dari pro kontra apakah ini hadits atau bukan, saya akan coba mengemukakan makna implisit dari ungkapan diatas. Ada hal penting dari ungkapan ini yaitu pentingnya kita semua dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas kehidupan sehingga semakin hari semakin baik.

Momentum akhir Tahun 2014 ini, akan saya coba mengelaborasi pemikiran seorang tokoh Al-Mukarrom Drs. H.M. Said Munji, SH,MH. yang selalu bersama-sama saya.  Beliau  memaknai surat Al-Ashr yang disebutnya konsep manajemen Islam. Tujuan utamanya adalah bagaimana menuju kehidupan kita yang lebih baik.

Demi masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang.
Sangatlah penting bagi kita selalu memaknai peristiwa yang telah terjadi sebagai bahan renungan untuk melihat kegagalan dan kesuksesan yang pernah kita raih, selanjutnya masa sekarang adalah masa yang harus kita jalankan dengan tetap berpedoman pada rambu-rambu yang ditentukan Allah SWT sedangkan masa yang akan datang merupakan hal yang harus sudah direncanakan dengan membuat daftar apa yang akan kita kerjakan.

Manusia akan selalu merugi
Jika manusia tidak memahami makna waktu yang telah, sedang dan akan dilalui maka jelas ia termasuk orang-orang yang merugi.
 
Kecuali orang-orang yang beriman
Yaitu orang yang meyakini kebenaran teori dan konsep yang datangnya dari Allah SWT.  Sehebat apapun teori dan konsep tanpa dibarengi dengan tuntunan agama maka tetap saja kita masih dalam posisi merugi.
 
Dan orang yang beramal sholeh
Yaitu orang-orang yang selalu membuat perencanaan yang matang untuk bekerja sehingga pekerjaannya selalu terprogram dan terarah dengan baik
 
Dan mengingatkan kepada kebenaran
Supaya pekerjaan yang kita lakukan selalu benar, maka harus selalu ada evaluasi yang terus menerus dalam setiap pekerjaan yang telah kita lakukan, jika kita melakukan kesalahan tentunya tidak akan terulang kesalahan yang sama.
 
Serta selalu Sabar
 Dalam mengevaluasi program haruslah dilakukan secara akurat dan cermat, sehingga pada saat kita lakukan evaluasi kita mengetahui dengan jelas masalah yang muncul dan cara mengatasinya.

Oleh karena itu, tahun 2014 yang sebentar lagi akan berlalu tentunya banyak catatan-catatan penting dan catatan tidak penting yang sudah kita lalui, jadikan ini sebagai bahan renungan tentang berbagai kegagalan sekaligus keberhasilan yang kita sudah capai.    Sementara saat ini kita jalani sisa akhir tahun ini untuk terus meningkatkan kualitas hidup melalui kajian terhadap peristiwa masa lalu. Selanjutnya memasuki tahun 2015 kita harus mempersiapkan dengan matang program apa yang harus kita lakukan dengan berlandaskan teori dan konsep yang datangnya dari Allah SWT.
Itulah yang disebut sebagai suatu siklus kehidupan yang sejalan dengan makna yang terkandung dalam surat Al-Ashr, hal ini berlaku untuk mengevaluasi individu dan dapat dilakukan oleh siapapun, lebih tepat dalam bahasa agama selalu disebut Muhassabah yang sering diartikan introspeksi diri.

Mudah-mudahan kita semua selalu bersyukur dengan apa yang sudah kita dapat dengan meyakini semakin banyak bersyukur maka semakin banyak nikmat yang akan kita dapat.

Songsong 2015 dengan semangat perubahan meningkatkan kualitas diri dalam semua aspek kehidupan. (ahid).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latihan Berbuat Baik (Model Implementasi 4M)

  Sejatinya manusia terlahir dalam keadaan suci dan bersih tanpa noda, hal ini sejalan dengan hadits nabi Kullu Mauludin Yuladu ‘alal Fitroh...